Senin, 23 Februari 2015

Dengan Microsoft Publisher, banyak hal bisa kita desain, seperti koran, brosur, greeting card, dan masih banyak hal lainnya. Untuk mendesain sebuah koran atau newsletters ada banyak cara dapat yang dapat kita gunakan, dari memulai dengan blank page ataupun dengan desain template newsletters yang telah disediakan oleh Microsoft Publisher. Untuk pemula disarankan memulai dengan sebuah template desain yang telah disediakan karena selain mudah, template yang disediakan ini masih bisa kita ubah sedemikian rupa sesuai dengan selera kita. Demikian pula jika kita ingin membuat sebuah brosur ataupun sebuah iklan, kita dapat menggunakan template yang disediakan oleh Microsoft Publisher, atau kita memulai dengan blank page.
Kita tidak perlu kuatir merasa sulit jika ingin memulai pekerjaan dengan blank page, karena toolbar dalam Microsoft Publisher ini cukup mudah dimengerti dan perintah-perintahnya cukup sederhana, sehingga bagi pemula akan merasa cukup mudah menggunakan aplikasi ini.
1.      Mengaktifkan Microsoft Publisher
Langkah-langkah
1.      Klik menu star
2.      Pilih All program
3.      Arahkan pointer mouse pada Microsoft Publisher
4.      Klik Microsoft Publisher
2.      Mempersiapkan dokumen baru di Microsoft Publisher 2007
Langkah-langkah
1.      padamenu bar klik file
2.      klik perintah new
3.      pilih blank page sizes
4.      pilih jenis dan ukuran kertas
3.      Membuat Kalender Menggunakan Microsoft Publisher    
Langkah-langkah
1.      Pilih folder calendars di tampilan awalnya atau pilih menu file – New lalu pilih folder
2.      Pilih template atau biasa bikin sendiri. Cuma lebih mudah pilih template jadi ga perlu bikin angka-angka tanggal lagi. Kalo mau pilih warna utama dan jenis huruf bisa liat di menu sebelah kanan yaitu customize. Terus ke menu options kalo mau milih ukuran kertas atau timeframenya (satu halaman mau dibuat perbulan atau langsung 12 bulan) atau mau pilih bulan apa (Set Calendar dates). Kalo udah klik CREATE di pojok kanan bawah
3.      Setelah itu, silakan berkreasi sendiri. Kalau mau tambah gambar dari koleksi pribadi bisa dengan memilih menu insert – picture – from file
4.      Kalau mau menyimpannya bisa dengan berbagai format antara lain denga format publisher sendiri, word, atau di konversi kedalam picture seperti JPG, Gif, PNG. 
5.     Setelah disimpan bisa langsung di print sesuai dengan keinginan                                                                                                          
4.      Membuat Kartu Nama Sendiri Menggunakan Microsoft Publisher 2007
 Langkah-langkah
1.      Buka Microsoft Publisher 2007
2.      Pilih Menu Business Cards dari Daftar Publication Types
3.      Pada bagian tengah terlihat berrbagai macam template kartu nama yang tersedia
4.      Pilih salah satu template yang kamu sukai
5.      Masukkan data pribadi kamu pada kolom yang tersedia
6.      Gambar dapat diubah diambil dari file yang ada dari komputer
7.      Ubah warna, jenis font dan tata letak sesuai keinginan
8.      Selesai dan sekarang tinggal cetak
5.      .Membuat hasil print-an menjadi sangat besar bahkan sebesar dinding rumah 
Langkah-langkah
1.      Bukalah program aplikasi MS.Publisher 2007
2.      Setelah program terbuka ,maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat ukuran kertas sesuai yang anda inginkan.contohnya ukuran sebesar kertas karton,maka anda harus membuat ukuran kertas baru pada Custom size.caranya
3.      Klik pada icon balnk page sizes
4.      Pilih icon “Create Custom Page Size” untuk membuat ukuran yang anda inginkan
5.      yang perlu anda lakukan sekarang adalah membuat ukuran page sesuai keinginan.misalnya ukuran kertas karton (34 x 24 inch) atau ukuran sebesar dinding rumah anda pun bisa dibuat asalkan anda tahu ukurannya
6.      Klik icon “ Create “ yang terdapat pada pojok kanan bawah window.untuk memulai melakukan desain
7.      Sekarang anda siap untuk melakukan desain yang anda inginkan.
8.      setelah anda selesai melakukan desain,print dokument tersebut.tetapi ukuran kertas pada print
9.      secara otomatis printer driver akan melakukan setting menuju bentuk tile.
10.  Selanjutnya tekan ok atau print untuk mulai melakukan pengeprinan.
11.  akhirnya setelah hasil print keluar,anda hanya perlu menggunting marginnya dan menyambungnya satu sama lain seperti membuat suatu puzzle      
By vicky– 14 April , 2012Posted in: Microsoft Publisher
Brosur adalah salah satu media cetak yang berfungsi untuk mempromosikan penjualan sebuah produk, layanan jasa, maupun penawaran kerjasama bisnis dalam bidang tertentu. Penggunaan brosur saat menjadi bagian penting dalam strategi marketing sebuah perusahaan. Brosur yang menarik, informatif dan memiliki desain unik akan memberikan kesan tersendiri bagi calon mitra bisnis.
Bagi perusahaan berskala besar, membuat brosur penawaran mungkin bukan hal yang sulit dilakukan karena tersedia budget promosi yang memadai. Namun untuk bisnis dengan skala menengah ke bawah, mereka seringkali terhambat melakukan promosi karena keterbatasan dana. Pebisnis UKM bisa memanfaatkan salah satu aplikasi Microsoft Office Publisher 2007 yang berguna untuk membuat desain brosur. Brosur yang dibuat melalui Microsoft Office Publisher 2007 memiliki desain yang tidak kalah menarik dengan brosur yang ditawarkan di luar.

Bagaimana cara membuat brosur menggunakan aplikasi dari Microsoft Office Publisher 2007? Langkah-langkah membuat brosur pada Microsoft Office Publisher 2007 adalah sebagai berikut:
1.      Nyalakan komputer Windows dan klik menu Start di pojok kiri bawah.
2.      Pilih menu All Porgrams.
3.      Pilih menu Microsoft Office Publisher 2007.
4.      Klik icon atau lambang Brochures dua kali.
5.      Anda akan dibawa ke halaman untuk memilih desain brosur yang akan dipakai. Desain brosur pada Microsoft Office Publisher 2007 dibagi menjadi beberapa kategori. Misalnya Informational, Price List, Event, dan Fundraiser. Semua desain memiliki ukuran kertas yang berbeda-beda sesuai kebutuhan Anda. Misalkan saat ini Anda membutuhkan memakai tema Spotlight, maka klik ikon SpotLight dua kali.
6.      Anda akan dibawa menuju halaman membuat brosur dengan tema Spot Light. Dari sini Anda bisa mengedit gambar dan kata-kata yang ingin digunakan sebagai bahasa marketing.
7.      Untuk mengganti kalimat brosur, klik area tulisan, hapus lalu ganti dengan kalimat baru sesuai kebutuhan.
8.      Untuk mengganti gambar (picture), klik area gambar dua kali, lalu pilih Insert Picture. Selanjutnya, browsing menu folder di komputer Anda untuk memilih gambar yang akan digunakan dalam brosur.
9.      Untuk mengganti picture bisa juga dilakukan dengan cara klik kanan di area gambar, pilih Change Picture, lalu terdapat pilihan mengambil gambar dari Clip Art, From File yang tersimpan di komputer, maupun From Scanner or Camera.
10.  Untuk mengganti warna garis latar belakang gambar, arahkan pointer mouse ke area garis warna, klik kanan, pilih Format Object, pilih Color, lalu Oke. Warna dan desain brosur dapat diubah sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Keuntungan membuat brosur menggunakan Microsoft Office Publisher 2007 adalah Anda bisa mencetak brosur dalam jumlah terbatas sesuai kebutuhan. Menggunakan Microsoft Office Publisher 2007 untuk membuat brosur akan menghemat pos pengeluaran bisnis yang Anda kelola. Selain itu, Anda bisa memberikan ciri khas atau keunikan pada brosur yang akan disesain dengan menampilkan gambar unik terkait bisnis Anda.

1 komentar:

  1. terimakasih untuk postinganya, sangat mencerahkan mas, saya jadi merasa terbantu hehe, mapir ke website kita gan Agen Sbobet dan Agen Judi Online Terpercaya http://okecash88.com

    BalasHapus